DPRD Kukar Dorong Pengembangan Sektor Pariwisata, Jadi Tongkat Ekonomi Baru Kukar 

TENGGARONG – Ketua Sementara DPRD Kutai Kartanegara (Kukar), Farida, menyampaikan dukungannya terhadap pengembangan sektor pariwisata, yang terus diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Lebih lanjut, legislator di parlemen Kukar yang berasal dari Daerah Pilih (Dapil) V ini, meyakini pengembangan wisata di suatu daerah akan berpengaruh signifikan pada pertumbuhan ekonomi masyarakatnya.

Farida menilai, banyak potensi wisata yang dapat dioptimalkan di hampir seluruh kecamatan di Kukar. Ia mencontohkan salah satu destinasi wisata yang sukses dikembangkan dari dapilnya adalah Emastri Park di Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan kini viral dan terus dikunjungi wisatawan.

“Apalagi lokasi Emastri Park ini berdekatan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN), pastinya ini berpotensi menarik lebih banyak wisatawan dari luar daerah,” sebut Farida, Selasa (15/10/2024).

Farida menilai, Kukar tidak bisa terus mengandalkan pendapatan daerah dari industri ekstraktif, seperti batu bara dan migas yang pasti akan habis. Untuk itu, ia juga mendorong dukungan lebih kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang mengelola pariwisata. Kesadaran kelompok untuk mulai mengembangkan sektor wisata harus mendapat dukungan serius.

“Kita harus mulai memikirkan tonggak ekonomi utama daerah ini dimasa yang akan datang. Karena kita tidak bisa terus bergantung pada industri migas dan batu bara dan saya rasa sektor pariwisata adalah salah satu potensi yang bisa dikembangkan di Kukar,” tegasnya.

“Semakin banyak destinasi wisata yang berkembang, semakin banyak juga peluang bisnis bagi masyarakat. Dan kami tentunya siap mendukung ini, karena akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan pembukaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kukar,” tutup Farida.

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i