KPU Kukar Gelar Bimtek SiRekap untuk 494 PPK dan PPS se-Kukar

TENGGARONG – Mendukung proses digitalisasi hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), agar hasilnya dapat diakses dengan cepat oleh masyarakat. Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kukar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (SiRekap).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kukar ini, dilaksanakan secara hibrid, baik daring maupun luring sejak 10 Oktober lalu. Namun untuk praktik penggunaannya, seluruh peserta dikumpulkan di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong, pada Sabtu (12/10/2024).

Komisioner KPU Kukar Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Purnomo, menerangkan kegiatan ini diikuti oleh 494 peserta. Terdiri dari Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kukar.

“Kita dari KPU Kabupaten Kukar mengundang PPK setiap kecamatan 2 orang dan PPS setiap desa kelurahan 2 orang untuk bimtek ini (SiRekap),” ucap Purnomo, Sabtu (12/10/2024).

Purnomo menambahkan, pengguna SiRekap dalam pemilihan bukanlah kali perdana. Sebelumnya KPU Kukar juga telah menggunakan SiRekap sejak Pilkada 2020. Setelah melaksanakan Bimtek SiRekap, ia mengatakan pihaknya akan kembali melaksanakan bimtek proses Penghitungan Surat Suara dan rekapitulasi ditingkat kecamatan.

“Tapi itu leading sector-nya divisi teknis,” seru Purnomo.

“Kita tunggu jadwal, setelah beliau mengikuti bimtek pasti akan diteruskan ke Badan Adhoc PPK maupun PPS, untuk Bimtek penghitungan suara. Sebelum nanti akhirnya disampaikan kepada teman-teman KPPS setelah tanggal 7 November 2024 nanti dilantik,” pungkasnya. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i