Jelang Pilkada 2024, Sultan Kutai Kartanegara Imbau Masyarakat Jaga Kondusifitas

TENGGARONG – Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Aji Muhamad Arifin, menerbitkan maklumat yang berisi pesan untuk senantiasa menjaga kondusifitas selama tahapan Pilkada.

Selain itu, ia juga berpesan kepada masyarakat agar menggunakan hati nurani dalam menentukan pilihan. Kemudian ia juga menyarankan agar masyarakat memilih pemimpin yang membawa visi dan misi memajukan daerah dan kemaslahatan masyarakat.

“Saya Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI yang mengayomi segenap lapisan masyarakat, mengingatkan betapa pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan serta harmonisasi ditengah-tengah perbedaan pandangan dan juga pilihan politik dalam pilkada yang akan kita laksanakan beberapa waktu kedepan,” sebut Sultan Aji Muhamad Arifin dalam maklumatnya, Selasa (17/9/2024).

Meski pilihan politik setiap orang berbeda-beda, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah di Kukar. Dalam kesempatan ini, Sultan juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa menghargai proses demokrasi. Yakni dengan menjadi pemilih yang bijaksana, cerdas dan bertanggung jawab.

“Pilihlah pemimpin yang terbaik menurut nurani masing-masing, yang memiliki visi dan misi untuk kemajuan dan kemaslahatan masyarakat,” tegasnya.

Kemudian yang tidak kalah penting, ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarluaskan berita bohong atau hoaks yang dapat membuat gaduh suasana kemasyarakatan di Kukar. Sultan juga meminta agar masyarakat menghindari provokasi yang memecah belah dan mengadu domba dan menghentikan praktik politik uang atau money politik.

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i