Rakor Lintas Sektoral, Pemkab Kukar Harap Pilkada Kukar 2024 Berjalan Kondusif

TENGGARONG – Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kutai Kartanegara (Kukar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024. Bertempat di Gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang, pada Selasa (3/9/2024).

Rakor ini dihadiri oleh seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar. Termasuk juga Polres Bontang, Kodim 0908/Bontang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kukar, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar, serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kukar. Hingga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panwascam se-Kukar.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono, menegaskan bahwa upaya untuk mewujudkan pelaksanaan pilkada langsung yang lebih berkualitas, merupakan tanggung jawab bersama seluruh pemangku kepentingan.

Tidak hanya menjadi tanggung jawab KPU sebagai penyelenggara. Oleh sebab itu, Sunggono meminta peran aktif seluruh pihak agar pelaksanaan Pilkada Kukar bisa berjalan dengan baik dan kondusif.

“Dengan rakor ini saya sangat mengharapkan terjalinnya hubungan yang saling mendukung antara pemda dengan KPU, Bawaslu, TNI dan Polri dalam rangka menyukseskan dan mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak agar berjalan aman, kondusif dan sesuai tahapan penyelenggaraannya,” sebut Sunggono.

Ia juga menyampaikan pesan penting untuk mendongkrak tingkat partisipasi masyarakat pada pilkada kali ini. Mengingat dalan gelaran pilkada sebelumnya di Kukar, tingkat partisipasi masyarakat terbilang sangat rendah, yaitu hanya ada diangka 57 persen.

Sunggono meminta seluruh pihak untuk bekerja keras dalan mensosialisasikan pelaksanaan pilkada, agar partisipasi masyarakat mampu mencapai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu 79,5 persen.

“Seluruh pihak harus terlibat aktif dalam mensosialisasikan penyelenggaraan pilkada agar target yang telah ditetapkan pemerintah bisa tercapai,” tegasnya.

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i