Jelang Tahap Pendaftaran Bapaslon, KPU Kukar Gelar Serangkaian Simulasi 

TENGGARONG – Jelang tahap pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar menggelar simulasi proses pendaftaran dan simulasi pemeriksaan kesehatan bapaslon.

Dalam pelaksanaanya, KPU Kukar turut mengundang sejumlah pihak. Mulai dari partai politik (parpol), pihak kepolisian, Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar dan juga Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar.

Ketua KPU Kukar, Rudi Gunawan, menjelaskan simulasi ini bertujuan memberikan pemahaman terkait mekanisme selama proses pendaftaran, kepada seluruh pihak yang hendak mendaftarkan bapaslon.

Ia juga menjelaskan, agenda tersebut akan mensimulasikan pengamanan hingga proses pendaftaran. Seperti, partai yang berkoalisi, berapa koalisinya, jumlah orangnya yang masuk ke dalam akan ditentukan.

“Hari ini simulasi pendaftaran pilkada, kita tentukan jumlah orangnya yang masuk ke dalam. LO, paslon dan pimpinan parpol wajib ada,” katanya, Minggu (25/8/2024).

“Selain itu kita juga simulasikan pendaftaran ini berkaitan dengan pengaturan pendaftarannya dan pengamanannya,” timpal Rudi Gunawan.

Ia menambahkan, KPU Kukar akan melanjutkan simulasi teknis pemeriksaan kesehatan di RSUD AM Parikesit, Tenggarong Seberang. Pihaknya juga mengaku telah berkoordinasi dengan manajemen rumah sakit, khususnya hal-hal yang harus disiapkan dalam tahapan ini. Simulasi pemeriksaan kesehatan sendiri dijadwalkan akan dilaksanakan pada hari ini, Senin (26/8/2024).

Terpenting, KPU sudah menyampaikan kepada pihak rumah sakit berkenaan tenaga kesehatan yang memeriksa bapaslon, yaitu tak memiliki keterkaitan secara individu maupun parpol, serta menjaga kerahasiaan hasil pemeriksaan.

“Disimulasikan calon datang, ruang tunggu di mana, apa yang diperiksa, berkenaan kesehatan jasmani, rohani, narkoba dan lainnya,” tandasnya. (Adv)

Penulis: Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i