Gelar Rapat Pleno, KPU Kukar Nyatakan AYL-AZA Lolos Jalur Independen 

TENGGARONG – Setelah resmi merampungkan tahapan Verifikasi Faktual (Verfak), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Kartanegara (Kukar) secara resmi telah menetapkan Awang Yacoub Luthman (AYL) dan Ahmad Zais (AZA) sebagai kandidat perseorangan untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Kukar 2024.

Penetapan tersebut dilakukan setelah AYL-AZA memenuhi syarat minimal dukungan dan sebaran untuk maju pada Pilkada Kukar 2024. Hal ini diumumkan dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pemenuhan Syarat Dukungan Calon Perseorangan, yang digelar di Hotel Elty Singgasana, Tenggarong, pada Senin (19/8/2024).

“Dengan pengesahan ini, tahapan terkait calon perseorangan sudah dinyatakan selesai,” ujar Ketua KPU Kukar, Rudi Gunawan.

Pasangan AYL-AZA berhasil memenuhi syarat minimal dukungan yang ditetapkan sebanyak 40.730 dukungan dan sebaran di 11 kecamatan. Jumlah surat dukungan AYL-AZA yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) pada tahapan verfak adalah 41.466 dukungan dengan sebaran di 20 kecamatan. Sementara itu, Rudi Gunawan juga mengungkapkan dukungan terhadap AYL-AZA yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), mencapai 17.579.

Lebih lanjut, Rudi menjelaskan, pihaknya selanjutnya akan membuka tahap pendaftaran bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati pada 27-29 Agustus 2024.

“Proses selanjutnya adalah pendaftaran bakal pasangan calon. Tahapan bagi kandidat independen sudah rampung,” tandasnya. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i