Serius Ingin Jadi Lumbung Pangan, Desa Rapak Lambur Kembangkan Sektor Peternakan

TENGGARONG – Upaya serius terus dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Rapak Lambur, Kecamatan Tenggarong, untuk menjadikan wilayahnya sebagai salah satu lumbung pangan di Kutai Kartanegara (Kukar). Selain berfokus pada pengembangan sektor pertanian, kini Pemdes Rapak Lambur sedang merambah sektor peternakan.

Disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Rapak Lambur, Muhammad Yusuf, pihaknya telah memulai pengembangan sektor peternakan sejak tahun 2023 lalu. Dimulai dengan menyalurkan 10 ekor kambing betina dan satu ekor kambing jantan untuk warga.

“Kambing-kambing itu nantinya akan dikembangkan dulu dan hasil anakannya akan dibagi lagi ke warga yang lain,” ujar Yusuf, Jumat (26/7/2024).

Ia juga mengaku telah bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar. Untuk memberikan pembekalan cara merawat kambing kepada masyarakat yang akan menerima.

“Masyarakat diberikan pelatihan cara mengatur makanan, mengolah makanan, mengetahui kesehatan kambing. Ada juga kami hadirkan pemateri peternak yang sudah profesional berkompeten di bidang peternakan kambing,” tambahnya.

Tidak berhenti di situ, Yusuf mengatakan pihaknya akan kembali menyalurkan bantuan ternak kambing untuk diserahkan kepada warga pada tahun ini. Ia menargetkan pemberian bibit ternak ini dapat menyentuh 15 RT yang ada di wilayahnya.

“Nanti kami ingin dikenal dengan desa penghasil kambing dari peternakan-peternakan warga, kalau masyarakat sudah siap dari segi cara pengolahan pakan dan lain-lain, desa juga siap menghadirkan bantuan pengadaan bibit,” tegasnya. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i