Pemdes Kota Bangun Ulu Sulap Kawasan Bantaran Sungai Jadi Spot Nongkrong 

TENGGARONG – Pemerintah Desa Kota Bangun Ulu, Kecamatan Kota Bangun, memiliki kawasan wisata baru, yang diberi nama Teras Tepian Indah. Kawasan ini terletak di daerah tepian Sungai Mahakam dan menawarkan pesona indah dengan suasana yang santai.

Kepala Desa (Kades) Kota Bangun Ulu, Khairul Umam, mengatakan Teras Tepian Indah sebelumnya merupakan lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Selama ini kawasan tersebut hanya dimanfaatkan oleh warga untuk bercocok tanam.

Kini kawasan dengan panjang membentang sekitar hampir 600 meter dari RT 11 hingga RT 14 itu berhasil disulap menjadi tempat nongkrong yang asyik. Tidak kalah dengan kawasan tepian Sungai Mahakam di Tenggarong dan Samarinda.

“Pembangunan kawasan ini bertujuan untuk menciptakan tempat bersantai bagi masyarakat serta mendukung pengembangan dan peningkatan UMKM di Desa Kota Bangun Ulu,” sebut Khairul Umam, Jumat (26/7/2024).

Kini, kawasan tersebut menjadi tempat nongkrong baru di wilayahnya. Bahkan, Khairul mengatakan banyak pelaku UMKM yang mendaftar untuk berjualan di Teras Tepian Indah. Namun pada tahap awal, pihaknya belum bisa menampung seluruh pelaku UMKM yang mendaftar. Pendaftaran dan pengelolaan UMKM ini akan dilakukan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Para pelaku UMKM yang ingin berjualan di Teras Tepian Indah harus mendaftar di BUMDes. Pengelolaannya akan melalui BUMDes, untuk meningkatkan PADes,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa pembangunan kawasan Teras Tepian Indah dikerjakan dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dan dari pokok pikiran anggota dewan.

“Nanti di APBD perubahan, Insya Allah kita juga akan mendapatkan anggaran untuk pembangunan lanjutan,” serunya. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i