Resmi Terbentuk, Redkar Tenggarong Diberi Perlengkapan dan Pelatihan Dasar

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, mengukuhkan pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di Kecamatan Tenggarong. Ditandai dengan penyerahan perlengkapan relawan, sekaligus pembukaan kegiatan pembinaan. Untuk memberikan bekal pengetahuan bagi para relawan.

Dalam kegiatan yang digelar di Balai Kecamatan Tenggarong tersebut, Edi Damansyah secara khusus menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota Redkar. Karena bersedia menghibahkan waktu dan tenaganya untuk membantu sesama. Ia juga berharap pembentukan kelompok relawan ini dapat berdampak positif, pada penanganan bencana di Kukar.

Dalam kesempatan ini, Edi Damansyah pun berpesan kepada para relawan agar mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik. Sehingga mereka memiliki pemahaman dan keterampilan dasar, untuk menghadapi kondisi darurat seperti kebakaran ataupun peristiwa lainnya.

Karena disisi lain, Edi menegaskan pihaknya akan berkomitmen untuk terus berupaya, memenuhi sarana dan prasarana untuk penanggulangan bencana. Termasuk, memberikan perlindungan kepada relawan dalam bentuk BPJS.

“Bahkan nanti dianggarkan untuk biaya operasionalnya. Untuk mengimplementasikan ini, maka camat atau lurah agar bisa mempersiapkan hal ini supaya optimal,” sebut Edi Damansyah pada Senin (22/7/2024).

“Ini adalah bentuk perhatian pemkab melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmatan), untuk mengkoordinir dan menyiapsiagakan para relawan,” timpalnya.

Secara khusus, Edi Damansyah juga berpesan kepada kepala Disdamkarmatan Kukar, untuk menyiapkan program latihan secara rutin. Sehingga tali persaudaraan antar relawan bisa tetap terjalin dengan baik, sekaligus mengasah keterampilan para relawan.

“Jadi bukan hanya kuantitas tapi kualitas  Sumber Daya Manusia (SDM) juga dipersiapkan dengan baik, yakni struktur organisasinya dan keterampilan SDM-nya,” pintanya. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i