Jelang Pilkada, Camat Loa Janan Minta Pererat Kerukunan dan Toleransi Antar Umat Beragama

TENGGARONG – Jaga keharmonisan jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Camat Loa Janan, Hery Rusnadi, meminta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) setempat, untuk mempererat kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

Hery Rusnadi menilai, kerukunan antar umat beragam harus senantiasa dijaga, meski pada momen-momen politik seperti Pilkada pilihan politik masing-masing orang berlawanan. Ia tidak ingin hal tersebut mengganggu kondusifitas kondisi wilayahnya yang memang terkenal heterogen.

“Kami akan memperkuat peran FKUB untuk mempererat kerukunan antar umat beragama di Kecamatan Loa Janan. Mengingat keragaman agama dan tempat ibadah di wilayah kami yang cukup beragam,” sebutnya, Rabu (17/7/2024).

Menurutnya, di Kecamatan Loa Janan terdapat berbagai tempat ibadah seperti gereja, masjid, dan lainnya yang tersebar di delapan desa. Ia merasa pihaknya harus mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan buruk selama proses pelaksanaan Pilkada.

Oleh sebab itu, pihak kecamatan telah mengumpulkan pimpinan FKUB dan mengundang Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) untuk menjalin sinergi guna mengawal kerukunan antar umat beragama di wilayahnya.

“Kami berharap dengan sinergi yang telah dibangun, kerukunan umat beragama di Kecamatan Loa Janan dapat terus terjaga dan memperkuat perdamaian di wilayah kami,” serunya. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i