Kecamatan Samboja Fokus Kembangkan Sektor Pariwisata 

TENGGARONG – Pemerintah Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), terus berupaya untuk mengoptimalkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) di wilayahnya. Memanfaatkan letak geografis yang berada di wilayah pesisir, pengembangan difokuskan pada sektor pariwisata. Khususnya pada pantai-pantai yang menjanjikan nilai jual tinggi, sebagai destinasi wisata.

Camat Samboja, Damsik, mengatakan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi secara aktif dengan pihak pengelola sejumlah objek wisata disana. Baik itu yang dikelola oleh masyarakat pribadi, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), serta pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar.

“Kita ingin agar pantai-pantai yang sudah ada dan dikelola ini terus berkembang dengan baik. Karena dari ujung Kelurahan Samboja kita memiliki banyak pantai,” sebutnya, Senin (8/7/2024).

Tidak berhenti disitu, Damsik juga mengaku pihaknya tengah berupaya menggali potensi wisata lain. Yakni dari waduk yang memanfaatkan lubang bekas galian tambang. Namun, pengelolaan wisata waduk ini memerlukan pengawasan ketat, untuk menghindari risiko yang mungkin timbul.

Pemerintah Kecamatan Samboja pun secara aktif mendukung pengembangan sektor pariwisata ini. Dengan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk Dispar Kukar dan perusahaan-perusahaan sekitar. Ini untuk memastikan potensi pariwisata tersebut dapat berkembang secara optimal.

“Kami berharap, dengan berkembangnya sektor pariwisata, akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat di Samboja,” tandasnya. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i