Masyarakat Kecamatan Kembang Janggut Optimalkan Perkebunan Kelapa Sawit

TENGGARONG – Jadi salah satu wilayah terluar di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), masyarakat di Kecamatan Kembang Janggut manfaatkan potensi dari sektor perkebunan sebagai penopang utama ekonomi mereka. Pelaksana Tugas (Plt) Camat Kembang Janggut, Suhartono, mengatakan sekitar 80 persen masyarakat di wilayahnya memiliki lahan perkebunan kelapa sawit.

Selain memanfaatkan sektor perkebunan kelapa sawit, Suhartono juga menuturkan bahwa sebagian masyarakat di wilayahnya juga memanfaatkan potensi dari sektor perikanan. Mengingat Kecamatan Kembang Janggut merupakan wilayah yang dibelah oleh Sungai Mahakam.

“Kelapa sawit merupakan peluang usaha yang menjanjikan bagi masyarakat, sehingga 80 persen masyarakat kita memilih perkebunan kelapa sawit,” sebutnya, Selasa (25/6/2024).

Untuk mengoptimalkan sektor tersebut, Suhartono mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan dukungan terhadap penopang ekonomi masyarakat tersebut. Salah satunya adalah dengan berkoordinasi aktif dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mengajukan bantuan untuk petani.

Bantuan tersebut berupa bibit kelapa sawit, peningkatan jalan, maupun sarana dan prasarana lainnya. Bantuan itu merupakan komitmen pemerintah daerah, agar masyarakat khususnya pekebun kelapa sawit itu bisa memiliki hasil yang maksimal.

“Bantuan dari pemerintah daerah sering kita salurkan untuk mereka, dalam mendukung sektor perkebunannya khususnya kelapa sawit,” ucapnya.

Dengan adanya bantuan itu, pekebun kelapa sawit merasa sangat terbantu dalam melakukan penanaman dan mencapai hasil yang maksimal. Mereka menilai pemerintah daerah sangat serius dalam mendukung sektor perkebunan sawit.

“Masyarakat menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah daerah selama ini,” tutupnya. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i