10 Hari Kedepan Relokasi Pedagang Pasar Tangga Arung Tahap Kedua Dimulai 

TENGGARONG – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperindag Kutai Kartanegara (Kukar), Sayid Fathullah, mensosialisasikan rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, untuk segera memindahkan sisa pedagang di Pasar Tangga Arung ke Pasar Gerbang Raja Mangkurawang.

Sosialisasi yang juga dihadiri oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kukar dan 88 orang pedagang ini, dilaksanakan di Pasar Tangga Arung. Pada Jumat (14/6/2024) malam.

“Alhamdulillah hari ini kita mengadakan sosialisasi dengan 88 pedagang Pasar Tangga Arung yang terdampak yang akan kita pindah dalam 10 atau 20 hari kedepan,” ucapnya.

Sayid Fathullah mengungkapkan, rencana relokasi ini berjalan sangat baik karena mendapat respon yang positif dari puluhan pedagang. Dalam kesempatan ini, ia juga menjelaskan bahwa proses relokasi ini segera dilakukan. Untuk melakukan percepatan proses pembangunan proyek revitalisasi Pasar Tangga Arung.

Selama proses pembangunan Pasar Tangga Arung, para pedagang untuk setahun ke depan akan berdagang di Pasar Gerbang Raja Mangkurawang. Nanti, setelah pembangunan rampung, para pedagang akan kembali menempati Pasar Tangga Arung.

Dalam kesempatan ini, Sayid Fathullah juga menjelaskan mengapa relokasi pedagang Psar Tangga Arung tahap kedua dipindah ke Pasar Gerbang Raja Mangkurawang. Sementara pada tahap sebelumnya, para pedagang dibuatkan lapak di Lapangan Pemuda.

“Kita hanya punya satu tempat di Mangkurawang. Kemudian di lapangan Pemuda itu tahap 1 dan di Pasar Mangkurawang adalah tahap 2,” ujarnya.

Menurutnya, relokasi ke pasar Mangkurawang ini sangatlah efektif. Pasalnya, anggaran yang dibutuhkan tidak terlalu besar dibandingkan jika harus membangun pasar sementara. Seperti yang dilakukan pada tahap sebelumnya.

“Kalau di pasar Mangkurawang kan kita menghemat sedikit-sedikit saja (anggaran). Jadi jauh lebih hemat,” tandasnya. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i