DP3A Dorong Pemberdayaan Perempuan di Sektor Ekonomi 

TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya mendorong pemberdayaan perempuan disektor ekonomi.

Kepala Bidang (Kabid) PUG, PP, PSDGA DP3A Kukar, Chalimatus Sa’diah, mengatakan salah satu upaya yang sedang dibangun pihaknya untuk mewujudkan hal tersebut, adalah dengan membangun kerjasama dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kukar.

“DP3A Kukar seharusnya bisa bersinergi dan berkolaborasi bersama Disperindag, Diskop UKM dan Distransnaker,” ucapnya ditemui RadarKukar.com, Selasa (28/5/2024).

Ia menilai, tiga organisasi perangkat daerah tersebut memiliki jejaring dan memiliki kelompok usaha perempuan yang bisa dimanfaatkan oleh DP3A Kukar.

Menurutnya, kolaborasi antar organisasi perangkat daerah terkait dapat memberikan dampak positif terhadap kemandirian perempuan dalam pengembangan dan penguatan sektor ekonomi.

Dengan memiliki data yang konkrit, tentunya bisa memudahkan dalam melaksanakan penguatan ekonomi bagi perempuan. “Kami berharap ada kerja sama, Distransnaker yang memiliki program pelatihan bisa melibatkan perempuan sebagai peserta. Data ini harus sinkron agar tidak tumpang tindih dan sesuai sasaran,” jelasnya.

Selain itu, penguatan UMKM yang mayoritas pengelolaannya perempuan juga ikut meningkatkan kemandirian perempuan, untuk mampu berkontribusi pada berbagai proses pembangunan.

Ia berharap sejumlah langkah strategis lainnya berupa peningkatan kesejahteraan perempuan dapat berkelanjutan di Kukar. “Bila pada lingkungan keluarga sudah terjamin kesejahteraannya, berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas perempuan untuk berperan aktif di sejumlah sektor pasti lebih terbuka,” pungkasnya. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i