Pasar Tangga Arung akan Diproyeksikan Jadi Pasar Modern Terbersih di Kaltim

TENGGARONG – Proses revitalisasi Pasar Tangga Arung yang terletak di Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus dikebut oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Jika tidak ada alar melintang, proses pembangunan pasar semi modern pertama di Kukar itu diperkirakan akan rampung pada akhir tahun.

Proses pengerjaan proyek revitalisasi Pasar Tangga Arung itu diapresiasi oleh Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, Sayid Fathullah. Menurutnya, lokasi pasar yang berada di tengah kota Tenggarong akan membawa dampak ekonomi yang sangat besar pada masyarakat, terutama pedagang.

Dia yakin dengan dibangun ulangnya Pasar Tangga Arung akan membuat pasar tersebut lebih tertata. Sehingga para pembeli merasa nyaman saat berbelanja. Hal ini penting karena menyongsong keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) baru yang akan menarik ribuan orang datang ke Kukar.

“Jadi, jangan sampai orang datang dan melihat lingkungan yang kumuh, karena itu memalukan. Jika pasar Tangga Arung terlihat modern dan bagus, orang akan tertarik untuk berbelanja di sana,” sebutnya, Jumat (24/5/2024).

“Dampaknya akan meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat dan berpengaruh luas, tidak hanya di pasar tetapi juga di tempat-tempat wisata,” sambungnya.

Ia juga berharap, nantinya Pasar Tangga Arung dapat dikelola dengan baik dan mendapatkan reputasi sebagai pasar terbersih di Kalimantan Timur (Kaltim). Menurutnya citra tersebut sangat penting untuk mengundang minat pengunjung.

“Image inilah yang akan dibangun di Pasar Tangga Arung. Tidak akan ada lagi aktivitas tradisional seperti potong memotong daging atau ikan. Semuanya akan dikemas dengan baik,” tandasnya. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i