Pemdes Manunggal Jaya Dukung Pengembangan Objek Wisata Lokal

TENGGARONG – Selain terus mengembangkan sektor pertanian yang selama ini telah menjadi penopang ekonomi masyarakat setempat. Pemerintah Desa (Pemdes) Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, juga tengah mendorong pengembangan sektor pariwisata.

Kepala Desa (Kades) Manunggal Jaya, Sukemi, mengatakan pihaknya tidak hanya akan mendukung pengembangan destinasi wisata yang dikembangkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Tapi juga akan mendukung pengembangan objek wisata yang dilakukan oleh masyarakat.

Salah satu destinasi wisata yang kini berkembang adalah Kebun Belimbing milik warga yang bernama Sugiman. Kebun itu terletak di Jalan Keham L2 Blok D RT 15 Dusun Telaga Kencana, Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang.

“Selain kebun yang berisi tanaman buah belimbing, terdapat juga kolam renang anak, mini kebun binatang, dan taman bermain mini,” sebutnya, Jumat (24/5/2024).

Di lokasi tersebut, Sukemi mengatakan pengunjung dapat memetik buah belimbing sesuka hati dan membayarnya sesuai jumlah yang diinginkan. Tempat itu juga cocok untuk rekreasi bersama keluarga dan berfoto ria.

“Untuk biaya masuk Kebun Belimbing sangat terjangkau yakni Rp 3 ribu sedangkan kolam renang dikenakan biaya Rp 10 ribu per orang,” sambungnya.

Sukemi berharap pengembangan pariwisata di Manunggal Jaya terus berbenah dan berkembang. Pemdes juga berupaya mensupport wisata ini agar dikenal masyarakat luas, dengan bantuan dari Dinas Pariwisata berupa pelatihan dan sarana prasarana penunjang. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i