Dispar Kukar Soroti Masalah Kebersihan Tempat Wisata, Berharap Partisipasi Aktif Masyarakat 

TENGGARONG- Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Pariwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Ridha Fatrianta, mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan saat berkunjung ke objek wisata.

Hal ini diungkapkannya karena memang permasalahan ini menjadi salah satu persoalan, yang belum dapat teratasi secara maksimal. Menurutnya, pengelola objek wisata dan pengunjung seharusnya memiliki rasa tanggung jawab yang lebih besar, untuk menjaga keberlanjutan sektor pariwisata di Kukar.

“Kami mengharapkan kesadaran bersama untuk menjaga lingkungan. Pengelola memiliki peranan penting, namun wisatawan juga harus ikut serta dalam menjaga kebersihan,” katanya, Rabu (22/5/2024).

Rinda menambahkan, pengelola bertanggung jawab atas pemeliharaan fasilitas dan kebersihan. Sementara wisatawan diharapkan untuk ikut menjaga kebersihan dan ketertiban.

Ia juga mengaku, tidak jarang objek wisata yang kurang tertata dari segi kebersihan. Padahal pengelola telah menyediakan tempat sampah di lokasi tersebut, hal ini tentunya menjadi perhatian serius pihaknya. Agar dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Menjaga kebersihan dan ketertiban adalah tanggung jawab bersama antara pengelola dan pengunjung. Ini termasuk membuang sampah pada tempatnya dan mengawasi anak-anak,” tambahnya.

“Tanggung jawab ini adalah kolektif, melibatkan pengelola, pemerintah, dan pengunjung. Kami mengharapkan keterlibatan semua pihak dalam menjaga kelestarian destinasi wisata Kukar,” tandasnya. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i