Kesiapan Capai 80 Persen, MTQ ke-43 di Loa Kulu Siap Digelar Akhir November

Tenggarong – Persiapan penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kutai Kartanegara (Kukar) di Kecamatan Loa Kulu, telah mencapai tahap ekspose. Agenda ini diselenggarakan di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Selasa (1/11/2022).

Dalam ekspose persiapan MTQ, dihadapan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono, kesiapan panitia dalam hal persiapan sudah mencapai 80 persen. Seperti panggung untuk lomba, pemondokan para kafilah. Hanya tinggal panggung utama yang dalam tahap pembangunan.

“Kalau tadi paparan dari Pak Camat sih kecuali panggung utama, yang lain sudah 80 persen lah,” ucap Sunggono, Selasa (1/11/2022).

Agenda yang rutin digelar tiap tahun ini, juga merupakan bentuk pembinaan terhadap para Tahfiz Quran yang ada di Kukar. Sekaligus penjaringan, dalam rangka mempersiapkan perwakilan Kukar di MTQ tingkat Provinsi se-Kaltim.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ ke-43 Loa Kulu, Ardiansyah, menuturkan agenda akan digelar selama sepekan. Yakni dari tanggal 27 November-4 Desember 2022.

“Untuk pelaksanaan difokuskan di Lapangan Sepakbola Loa Kulu,” ungkap Ardiansyah.

Sementara untuk pemondokan para kafilah, disebar di 4 desa yang berada di lokasi. Termasuk membagi lokasi arena perlombaan, untuk memecah penumpukan massa.

Selain itu, Pemkab Kukar pun terus berkomitmen dalam memberikan apresiasi kepada para kafilah yang berhasil meraih prestasi. Baik di tingkat provinsi maupun nasional. Ini di tunjukan dengan komitmen Bupati Kukar untuk memberikan hadiah bagi para pemenang.

Yakni untuk juara 1-3 tingkat provinsi akan diberangkatkan Ibadah Umroh, sementara untuk juara 1-3 tingkat nasional akan dibangunkan rumah. (adv/tabs)