Sumur Bor di Desa Sumber Sari, Nyatanya Bawa Dampak Positif Bagi Sektor Pertanian

TENGGARONG – Dua sumur bor yang dibangun di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), membawa dampak positif bagi sektor pertanian disana. Seperti yang disampaikan Kepala Desa (Kases) Sumber Sari, Sutarno.

“Ini yang sudah jadi satu unit dan sedang berjalan proses pembangunannya satu lagi,” sebutnya, Senin (20/5/2024).

Lebih lanjut, Sutarno berharap program pembangunan sumber mata air ini, bisa dibangun lebih banyak lagi di desanya. Mengingat masyarakat di Desa Sumber Sari mayoritas berprofesi sebagi petani.

“Desa Sumber Sari ini wilayah pertanian, jadi dengan adanya sumur bor sebagi sumber pengairan ini akan sangat membantu petani kita,” sambungnya.

Dengan kehadiran sumur bor ini, Sutarno mengatakan akan membantu lahan pertaniannya bisa tetap produktif, meski disaat musim kemarau. Sehingga upaya menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN), dapat terealisasi.

Untuk diketahui, pembangunan sumur bor untuk pengairan pertanian tersebut, merupakan program yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar yang berkolaborasi dengan Kodim 0906/Kukar. Rencananya, program ini akan membangun 89 titik air di seluruh wilayah Kukar. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i