Gelar Ngapeh Hambat, Diskominfo Kukar Siap Dorong Akselerasi Transformasi SPBE

Tenggarong – Dinas Komunikasi dan Informatika Kutai Kartanegara (Diskominfo Kukar) mengadakan Ngapeh Hambat. Turut hadir beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan beberapa perangkat desa di Kukar.

Ngapeh Hambat, diselenggarakan bersamaan dengan rilis proyek perubahan (proper) LOBI-KU. Sebagai penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kukar. Di Lobi Kantor Diskominfo Kukar, Kamis (20/10/2022).

Turut hadir Asisten III Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar Totok Heru Subroto, Kepala Diskominfo Kukar Dafip Hariyanto dan Kepala Diskominfo Samarinda Aji Syarif Hidayatullah. Sebagai salah satu narasumber yang menjadi pemantik dalam acara diskusi ini .

“Dengan memperhatikan diskusi, kita memetakan persoalan yang di hadapi oleh kita, nah termasuk juga persoalan-persoalan yang dihadapi oleh beberapa OPD,” ucap Dafip, Kamis (20/10/2022).

Menurutnya, Diskominfo Kukar ingin melakukan konsep dengan tujuan untuk melakukan akselerasi proses implementasi. Juga mewujudkan kemudahan terhadap pelayanan kepada publik.

Untuk saat ini, LOBI-KU ditargetkan dapat terselenggara dengan maksimal diseluruh OPD di Kukar. Selanjutnya akan memperluas transformasi ini bahkan hingga ke kecamatan dan desa. Yakni menargetkan tahun 2023 ini, sistem pelayanan digital terpadu ini sudah mulai diterapkan di desa-desa.

“Pak Bupati (Kukar) minta sudah diimplementasi dengan Siskuedes yang secara online, nah itu penyiapan internetnya sudah kita lakukan. Tapi tentunya mungkin jadi kita evaluasi kita sambil berjalan,” tutupnya. (adv/tabs)