Pemkab Kukar Lakukan Penelitian Sebelum Bangun Pabrik Pakan Ikan di Kecamatan Loa Kulu 

TENGGARONG – Rencana pembangunan pabrik pakan ikan di Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar) bakal direalisasikan pada tahun depan. Hal ini bisa terealisasi jika tidak ada kendala berarti.

Sebelum memulai proses pembangunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar terlebih dahulu melakukan kajian teknisnya. Akan bekerjasama dengan Badan Riset Daerah (BRIDa) Kukar untuk memetakan spesifikasi pabrik yang akan dibangun.

Keterangan ini diberikan oleh Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma, melalui Kepala Bidang Perindustrian, Disperindag Kukar, Arbain.

“Pengkajian akan dilakukan oleh BRIDa, tim ahli penelitian dan melibatkan akademisi. Hasil pengkajian ini akan menentukan spesifikasi pembangunan pabrik pakan ternak, termasuk kelayakan dan estimasi biaya pembangunannya,” paparnya, Selasa (21/11/2023).

Ia menambahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan administrasi untuk merealisasikan rencana tersebut. Termasuk mengurus persiapan lahan untuk pabrik, yang rencananya akan dibangun diatas tanah seluas dua hektare (ha) di Kecamatan Loa Kulu.

Dengan keberadaan pabrik ini, diyakini dapat memberikan solusi konkret bagi para pelaku budidaya ikan. Untuk menekan harga pakan ikan yang saat ini dianggap terlalu tinggi.

“Kami berharap bahwa dengan adanya pabrik ini, harga pakan ikan dapat ditekan dan proyek ini diharapkan dapat terealisasi pada 2024 mendatang,” tutupnya.

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i