Pemkab Kukar Gelar Lomba Ketangkasan Bagi Balakarcana 

Tenggarong – Dinas Pemuda dan Olahraga Kutai Kartanegara (Dispora Kukar), menggelar lomba ketangkasan tim pemadam kebakaran dan penyelamatan. Dibalut dalam agenda Piala Bergilir Bupati Kukar. Dispora Kukar sendiri dipastikan akan menggandeng Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kukar.

Perlombaan yang menyiapkan uang hadiah total senilai Rp 16,5 juta ini, akan digelar selama dua hari. Yakni pada tanggal 29-30 Oktober 2022, dengan terakhir pendaftaran pada 21 Oktober 2022 mendatang.

Kegiatan sendiri akan difokuskan di Halaman Kantor Bupati Kukar. Dengan menyasar organisasi, relawan dan Barisan Sukarelawan Kebakaran dan Bencana (Balakarcana) yang ada di wilayah Kukar.

Saat dikonfirmasi kepada Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni, lomba yang menggandeng Kwarcab Pramuka ini dibuka secara gratis tanpa pungutan biaya sepeser pun. Sejak awal Oktober lalu.

“Tujuan lomba ini adalah untuk melatih kemampuan para tim-tim balakar yang ada di Kukar,” jelas Aji Ali.

Dengan adanya perlombaan ini, organisasi, relawan dan Balakarcana di Kukar bisa mendalami secara teknis terkait penanganan musibah kebakaran dan penyelamatan korban. Karena selama ini langsung turun ke lokasi kejadian saja. Harapannya bisa menambah wawasan dan pengetahuan para relawan.

Sehingga, dengan adanya ajang ketangkasan dalam penanganan kebakaran dan penyelamatan korban. Menjadi bahan evaluasi dan semakin memperdalam kemahiran para relawan. Seperti menghadapi halang rintang yang harus dihadapi sebelum menuju titik kejadian.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan semangat para tim balakar, dan menjadi tolok ukur bagi masing-masing tim balakar,” pungkas Aji Ali. (ADV/rku)