Jalin Kerjasama, Distransnaker Kukar Kirim 30 Pemuda Ikuti Pelatihan Basic Operator 

TENGGARONG – Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan (Distransnaker) Kutai Kartanegara (Kukar), lakukan pelatihan basic operator. Pelatihan yang masuk dalam Program Kukar Siap Kerja ini, dilakukan dengan bekerjasama dengan PT Buma dan PT Biru.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pemberdayaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Distransnaker Kukar, Syarifah Rositah, menjelaskan peserta pelatihan ini akan dilatih dengan mekanisme magang di PT Biru selama satu tahun. Setelah itu para peserta akan langsung diterima sebagai karyawan tetap di PT Buma.

“Ini pesertanya 30 anak se-Kukar, 20 orang akan diseleksi oleh PT Buma dari 3 kecamatan lingkar tambang, yaitu Kenohan, Kembang Janggut dan Tabang. Sedangkan 10 sisanya Distransnaker yang merekrut,” terangnya.

Syarifah mengatakan, rekrutmen yang dilakukan oleh Distransnaker Kukar memprioritaskan masyarakat yang masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Proses seleksi sendiri masih terus berjalan, dan pada hari ini para peserta akan mengikuti tahap seleksi wawancara yang dilakukan secara daring.

Nantinya jika dinyatakan lulus, para peserta akan menerima uang saku dari PT Buma selama pelatihan berlangsung. Selain itu, mereka juga akan menerima berbagai fasilitas seperti tempat tinggal dan makan.

“Syaratnya khusus yang diberikan dalam pelatihan ini adalah peserta belum menikah dan berusia 21 sampai 26 tahun. Selama pelatihan juga mereka tidak diperkenankan menikah, karena kan pelatihannya selama setahun,” pungkasnya. (Adv)

Pemulis :Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i