Kadispora Kukar Pastikan Sepakbola Usia Dini dan Wanita Bakal Terus Ramaikan Bupati Cup

TENGGARONG – Peluit Panjang tanda berakhirnya partai final Bupati Cup 2023, yang mempertemukan antara Kecamatan Loa Janan melawan Muara Badak jadi penanda berakhirnya turnamen sepak bola antar kecamatan se-Kutai Kartanegara (Kukar).

Dalam turnamen kali ini, Kecamatan Loa Janan sukses mengunci gelar juara setelah berhasil menundukkan Kecamatan Muara Badak dengan skor tipis 2-1. Di Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang. Bupati Cup tahun 2023, yang digelar berbarengan dengan Pesta Erau Adat Pelas Benua ini, memiliki nuansa berbeda dibandingkan gelaran sebelumnya.

Diketahui, gelaran Bupati Cup 2023 tidak hanya mempertandingkan permainan sepak bola antar pria dewasa saja. Untuk pertama kalinya Bupati Cup digelar dengan kategori tanding sepakbola usia dini, kelompok Usia 10 dan 12 tahun. Serta juga sepak bola wanita.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kukar, Aji Ali Husni, mengatakan pihaknya sengaja mempertandingkan sepak bola usia dini dan wanita, sebagai ajang pembinaan bibit-bibit sepak bola Kukar.

“Turnamen ini kita hadirkan untuk juga untuk menjaring para pemain sepak bola berbakat di Kukar. Baik itu pria, wanita termasuk juga usia dini,” terangnya.

Ia menambahkan, selama gelaran turnamen ini berlangsung, pihaknya juga melangsungkan proses seleksi pada seluruh talenta sepak bola terbaik Kukar yang sedang berlaga. Untuk menjaring bibit-bibit sepak bola Kukar yang akan mewakili Kukar di berbagai ajang kompetisi.

“Karena kan sebentar lagi ini ada Piala Gubernur Kaltim, ini pemain-pemain yang bertanding selama turnamen ini dipantau langsung dan diseleksi oleh kawan-kawan di Askab,” tambahnya, Minggu (1/10/2023).

Terakhir, Ali juga menegaskan bahwa kategori tanding sepak bola usia dini dan wanita akan terus dipertandingkan dalam gelaran Bupati Cup selanjutnya. “Jadi ini tidak tahun ini saja, tiap tahun depan kita akan gelar juga (kategori sepakbola usia dini dan wanita),” pungkasnya. (Adv)

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i