Resmikan Keramba Budidaya Ikan di Sangasanga, Upaya Meningkatkan Taraf Hidup Nelayan

TENGGARONG – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Wabup Kukar), Rendi Solihin, meresmikan keramba budidaya ikan air tawar. Terletak di danau yang merupakan bekas galian tambang, di Kelurahan Sangasanga Dalam, Kecamatan Sangasanga.

Pada peresmian ini, Rendi juga turut melakukan penebaran benih ikan ke dalam keramba. Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagaikan dari upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, untuk meningkatkan sektor perikan di Kukar. Baik itu budidaya air tawar, budidaya air laut maupun pemanfaatan kolam pasca tambang.

Rendi berharap dengan diberikannya bantuan di Kecamatan Sangasanga, bisa meningkatkan perekonomian khususnya para nelayan di sana.

“Alhamdulillah bersama Dinas Perikanan dan Kelautan di tahun 2023 ini sudah kami berikan bantuan ke hampir 20 ribu nelayan, Ini menjadi tugas bersama kami untuk menuntaskan bantuan, kepada 25 ribu nelayan produktif hingga akhir tahun 2024 nanti” kata Rendi.

Rendi menjelaskan pada tahun anggaran 2023, Pemkab Kukar telah mengalokasikan anggaran hampir sebesar Rp 500 miliar, untuk meningkatkan produktivitas nelayan. Ia menegaskan bahwa ini merupakan anggaran terbesar, yang dialokasikan untuk memberikan bantuan pada nelayan sepanjang sejarah Kukar.

“Kalau dulu hanya Rp 100-150 miliar, di tahun 2023 ini lima kali lipat besarnya. Ini membuktikan keseriusan kami untuk mengembangkan potensi nelayan di semua sektor” pungkasnya.

Penulis : Ady Wahjudi

Editor : Muhammad Rafi’i