Lakukan Pemetaan SDM, DPU Kukar Dorong Percepatan Realisasi Program APBD

TENGGARONG – Dinas Pekerjaan Umum Kutai Kartanegara (DPU Kukar) menggelar serah terima Surat Keputusan (SK) Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Pejabat Pengadaan Kegiatan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni dan APBD Perubahan tahun 2023, dilaksanakan di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Kamis (24/8/23).

Serah terima SK ini dihadiri langsung oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah. Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono dan Plt Kepala DPU Kukar, Wiyono. Dengan sebanyak 97 orang PPK, 17 PPTK dan 25 Pejabat Pengadaan Kegiatan yang menerima SK.

Plt Kepala DPU Kukar, Wiyono, mengatakan penyerahan SK ini merupakan bagian dari strategi untuk menyelenggarakan kegiatan pada tahun anggaran 2023. Mengingat terdapat ratusan paket kegiatan di APBD murni dan APBD perubahan yang harus diselesaikan dalam kurun waktu sekitar 3 bulan.

“Maka perlu strategi khusus agar dapat melaksanakan kegiatan tersebut 3 bulan kedepan, dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Dinas PU Kukar,” ujar Wiyono.

Oleh karena itu, pihaknya mengambil langkah strategi untuk melakukan percepatan pelaksanan kegiatan dan penyerapan anggaran tersebut. Yakni dengan melakukan pemetaan Sumber Daya Manusia (SDM) PPK, PPTK dan Pejabat Pengadaan Kegiatan. Kemudian menyiapkan dokumen lelang, percepatan tender, dan menetapkan tak ada uang muka pengerjaan kegiatan.

Selain itu, ia juga melakukan penunjukan langsung konsultan pengawas. Lantaran dinilai memakan waktu panjang jika dilakukan proses kualifikasi, kecuali perencanaan. Kemudian menetapkan zona PPK, PPTK untuk satu jalur seperti wilayah hulu, tengah dan pesisir. Juga membuat jadwal sesuai dengan harapan berjalan sesuai rencana.

Wiyono juga meminta jajarannya untuk menyiapkan dokumen anggaran. Untuk kemudian bisa diserahkan ke bagian Unit Layanan Pengadaan Pengadaan Barang dan Jasa (ULP PBJ). Ia juga menargetkan tanda tangan kontrak paling lambat 2 Oktober 2023. Kemudian, menganalisis pekerjaan yang memang perlu didahulukan atau diprioritaskan atau memerlukan waktu lama agar segera diproses.

“Jangan sampai kegiatan ini melebihi tahun anggaran, kami harap kawan-kawan bisa bergerak cepat,” tegas Wiyono, mengingatkan kepada jajarannya.

Kemudian strategi ini pun mendapat dukungan penuh dari Bupati Kukar, Edi Damansyah. Tak lupa ia pun memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut, untuk semangat perubahan menjadi lebih baik. Serta mempercepat pelaksanan kegiatan tahun anggaran 2023.

“Saya masih menaruh optimis, karena masih banyak sumber daya manusia di DPU yang saya pastikan masih bisa diandalkan profesionalismenya,” pungkas Edi.

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i