Meriahkan Erau dan HUT Tenggarong, Dispora Kukar Siapkan Perlombaan Oltrad

TENGGARONG – Dalam rangka memeriahkan Erau Adat Kutai dan HUT Kota Raja Tenggarong ke-241 pada September mendatang, Dinas Pemuda dan Olahraga Kutai Kartanegara (Dispora Kukar) akan menyemarakkannya dengan lomba Olahraga Tradisional (Oltrad).

Lomba ini nantinya akan dilaksanakan tanggal 23-28 September 2023. Dengan 10 cabang oltrad yang akan dipertahankan. Yakni Hempas Bantal, Belogo, Dagongan, Begasing, Hadang, Kelom Panjang, Engrang, Panahan, Ketapel dan Menyumpit.

“Lomba ini nantinya akan memiliki kategori berbeda-beda. Mulai dari kelas putra dan putri hingga beregu dan perseorangan,” jelas Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Dispora Kukar, Aji Muhammad Ari Junaidi, Senin (21/8/2023).

Dimana 10 Cabor Oltrad yang dipertandingkan ini juga merupakan Cabor Oltrad yang diperlombakan dikelas nasional. Sehingga kegiatan ini tidak hanya ditujukan untuk melestarikan Oltrad di Kukar saja, tapi juga untuk mencari bibit pegiat oltrad dari berbagai kelas. Sehingga, Kukar memiliki lebih banyak pegiat oltrad yang berprestasi hingga tingkat nasional.

Perlombaan ini sendiri, banyaknya akan dibuka untuk masyarakat umum di Kukar hingga Kalimantan Timur (Kaltim). Untuk menyukseskan lomba ini, Dispora Kukar juga bekerjasama dengan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, hingga Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Kukar.

“Kami ingin memasyarakatkan olahraga. Jadi membudayakan masyarakat untuk berolahraga baik itu olahraga tradisional, olahraga rekreasi, olahraga tantangan ataupun olahraga prestasi,” tutup Ari.

Penulis : Ady Wahyudi

Editor : Muhammad Rafi’i