Dukung Pencegahan Konflik Sosial, Pemkab Hadiri Binkom Kodim 0906/Kukar

Tenggarong – Dalam rangka mencegah Konflik Sosial di tengah masyarakat, Kodim 0906/Kukar menggelar Pembinaan Komunitas (Binkom). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Makodim 0906/Kukar, Rabu (5/4/2023).

Kegiatan ini pun mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Hal ini disampaikan langsung oleh Asisten III Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Totok Heru Subroto, saat menyampaikan sambutan Bupati Kukar pada kegiatan tersebut.

Baginya, ini merupakan langkah preventif yang dilakukan oleh TNI dalam mencegah konflik sosial ditengah masyarakat. “Karena TNI memiliki peran penting dalam mendeteksi dan mencegah adanya konflik sosial,” kata Totok.

Dengan sinergi bersama Kodim 0906/Kukar, diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. Dengan menjalin hubungan baik dengan seluruh kelompok-kelompok masyarakat. Sehingga potensi konflik dapat terdeteksi dan teredam sedini mungkin. Apalagi di tahun depan akan menghadapi momentum kontestasi politik, yang berpotensi menimbulkan banyak gesekan di tengah masyarakat.

“Secara bersama-sama kita bangun kepercayaan dan kerja sama bersama kelompok-kelompok masyarakat. Jika ada potensi kerawanan dan kemunculan konflik sosial, Pemkab Kukar siap membantu meredakan kondisi tersebut,” tambahnya.

Menurutnya, Kodim 0906/Kukar merupakan pihak yang memiliki peran paling strategis, dalam merawat keutuhan NKRI. Lantaran kehadirannya ditengah-tengah masyarakat selama ini, sudah terbukti dengan berbagai kegiatan sosial ditengah masyarakat. Sehingga lebih mudah bagi Kodim 0906/Kukar dalam memetakan kondisi sosial dan budaya masyarakat setempat, serta memahami apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Dalam upaya mencegah konflik sosial, TNI harus bersinergi bersama beberapa komponen, seperti pemerintah daerah setempat, pihak swasta, LSM, dan jejaring masyarakat lainnya,” tutup Totok. (adv/tabs)