Realisasi Kukar Siap Kerja, Disnakertrans Lakukan Pelatihan, Lulus Langsung Kerja

Tenggarong – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kutai Kartanegara (Disnakertrans Kukar), terus mendorong realisasi program Kukar Siap Kerja. Dimana program ini menargetkan penyediaan pelatihan kerja bagi 6 ribu orang, sesuai dengan apa yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026.

Namun tentunya, pemenuhan target itu tidak hanya akan direalisasikan oleh Disnakertrans Kukar saja, tapi juga oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain. Hal ini disampaikan langsung oleh Plt Kepala Disnakertrans Kukar, Muhammad Hatta, pada wartawan radarkukar.com Kamis (30/3/2023).

“Kita sama-sama realisasikan program Kukar Siap Kerja ini, jadi tidak hanya di Disnakertrans. Kalau dari kami sendiri, setelah lebaran ini kita akan melakukan pelatihan mekanik alat berat di Balikpapan, kita berkerjasama dengan PT. ERM (Edukasi Reksa Manajemen). Karena disana begitu selesai dilatih langsung kerja,” terang Hatta.

Rencananya pelatihan ini akan dilakukan dalam 3 angkatan, dimana masing-masing angkatan akan terdiri dari 20 peserta. Untuk peserta sendiri, Hatta mengatakan bahwa pihaknya mengambil 30 persen peserta dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sedangkan sisanya baru nanti dari pendaftar umum yang tersebar di 20 kecamatan.

“Pesertanya sudah ada, kita tinggal lakukan seleksi administrasi, karena ada beberapa persyaratan yang ditetapkan pihak perusahaan,” tambahnya.

Ia mengatakan dengan adanya kegiatan ini, minimal dapat menekan angka pengangguran yang ada di Kukar. “Itu yang utama, supaya anak muda kita bisa bersaing nanti pada saat Ibu Kota Negara (IKN) datang. Makanya kita siapkan sertifikasi untuk anak-anak muda di Kukar,” pungkasnya. (adv/tabs)